Kamis, 26 Mei 2011

Istilah-istilah dalam dunia blog

Blog : istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar. 
Blogging : kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam dunia blog.
Blogger : seseorang yang melakukan blogging. arti lainnya: sebuah layanan blog dari google.
Blogosphere : komunitas dalam blogging.   
Blogroll: Fitur blog yang sangat populer yang memungkinkan pemilik blog menampilkan daftar blog-blog lain yang direkomendasikannya. Fitur ini biasanya ditampilkan di bagian sidebar. Namun saat ini semakin sedikit blog yang menampilkan blogroll. 
Blogspot : Layanan blog gratis dari google.
Blogwalking : seseorang yang berkunjung ke dunia blog

Bookmakrs : Menyimapn halaman web.
Categories : sekumpulan/sekelompok spesifik dari beberapa artikel. Comments: Hampir semua platform blog memungkinkan pembacanya untuk memberikan komentar dan meninggalkan feedback di setiap halaman posting artikel sebuah blog. Fitur inilah yang membuat blog menjadi sebuah media percakapan langsung dan telah menjadi salah satu faktor kesuksesan blog di dunia internet.
CSS: Kependekan dari Cascading Style Sheets, dan merupakan bahasa pemrograman yang dipergunakan untuk membuat halaman wes yang ditulis dengan kode HTML atau XHTML. Kelebihan CSS adalah memungkinkan Anda untuk mengontrol tampilan halaman situs secara bersamaan dari lokasi yang sama (file CSS).
Dashboard : Halaman utama blog yang berisi kontrol,settingan dan postingan.
Domain : Nama situsnya dalam dunia blopg.
Glossary : Daftar istilah .
HTML : Bahasa pemrograman untuk membuat halaman web.
Search engine : Layanan pencari dan pengndeks sitys internet.
Spam comments : Tempat memberikan komentar berulang ulang
Template : desain dasar blog.
Themes : Desain tampilan pada blog.
Trackback : berfungsi untuk memberitahu bahwa kita me-link ke postingan atau kontent blog orang lain.
Technorati :
URL  : Layanan pencari blog dengan informasi
WordPress: Software blogging paling populer di dunia internet, diciptakan oleh sebuah perusahaan yang bernama Automattic. WordPress mendapatkan popularitas terutama karena dukungan komunitasnya yang sangat aktif. Ada ribuan orang yang menyediakan template gratis, plugin dan dukungan terhadap pengembangan proyek WordPress.

1 komentar: